LAYANAN INFORMASI BERKALA
  • SISTEM MANAJEMEN ANTI PENYUAPAN

    International Organization for Standardization (ISO) menilai bahwa penyuapan merupakan fenomena yang luas. Hal ini menimbulkan masalah yang serius dalam sosial, moral, ekonomi dan politik. Untuk itu, pada tahun 2016, ISO secara resmi menerbitkan ISO 37001:2016 yaitu Sistem Manajemen Anti Suap (Anti Bribery).

    Sejalan dengan hal tersebut, Kementerian BUMN mewajibkan seluruh BUMN untuk mengimplementasi Sistem Manajemen Anti Suap (SMAP) berdasarkan SNI ISO 37001:2016. KAI mengimplementasikan SMAP dengan menerbitkan kebijakan SMAP dan menetapkan Fungsi Kepatuhan Anti Penyuapan (FKAP).

    Tujuan penerapan SMAP adalah untuk menanamkan budaya integritas dan mencegah terjadinya penyuapan dan tindak pidana korupsi lainnya. Pedoman ini memberikan panduan yang berisi langkah-langkah yang wajar dan proporsional untuk mencegah, mendeteksi dan menanggapi penyuapan.

    KAI tidak menoleransi tindakan penyuapan, dan KAI berkomitmen untuk membangun budaya AKHLAK untuk mewujudkan KAI Bersih, Bebas Suap, Bebas Korupsi untuk Indonesia.