PROFIL e-PPID PT KERETA API INDONESIA (PERSERO)

PROFIL PPID PT KAI

PPID PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI terbentuk pada tahun 2010 yang diatur melalui Surat Keputusan (SK) Direksi PT Kereta Api Indonesia (Persero) Nomor: KEP.U/OT.003/VI/3/KA-2010 tentang Perubahan dan Tambahan (P&T) atas Keputusan Direksi Nomor: KEP.U/OT.003/VI/1/KA-2009 tanggal 5 Juni 2009 tentang Organisasi dan Tata Laksana Sekretariat Perusahaan di Lingkungan Kantor Pusat PT Kereta Api Indonesia (Persero).

Unit organisasi di bidang Keterbukaan Informasi Publik di lingkungan PT KAI ini ditangani oleh Manager Public Information Care yang secara struktur berada di bawah Vice President Public Relations yang berada di bawah garis komando Executive Vice President Corporate Secretary (EVP Sekretaris Perusahaan).

Manager Public Information Care atau PPID Pusat PT KAI mempunyai tugas pokok dan tanggung jawab atas pengelolaan informasi publik yang mencakup penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan dan/atau pelayanan informasi terhadap pengguna informasi publik. Sedangkan PPID di daerah melekat pada Manager Humas daerah sesuai wilayah kewenangannya. Ada 13 Manager Humas daerah (9 Daop dan 4 Divre) di seluruh wilayah kerja PT KAI. Seluruh aturan perusahaan yang mengatur tentang pembentukan PPID di PT KAI ini mengacu pada Undang-undang No.14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

 

 

TUGAS FUNGSI PPID PT KAI

Berikut adalah Tugas PPID PT KAI:

  1. Mengoordinasikan pengumpulan seluruh Informasi Publik secara fisik dari setiap unit/bagian di Perusahaan yang meliputi: informasi yang wajib disediakan dan diumumkan secara berkala; informasi yang wajib tersedia setiap saat; informasi terbuka lainnya yang diminta Pemohon Informasi Publik;
  2. Mengoordinasikan pendataan Informasi Publik yang dikuasai oleh setiap unit/bagian di Perusahaan dalam rangka pembuatan dan pemutakhiran Daftar Informasi Publik yang tercantum dalam website ppid.kai.id setelah dimutakhirkan oleh pimpinan masing-masing unit/bagian paling sedikit 1 (satu) kali dalam sebulan;
  3. Mengoordinasikan penyediaan dan pelayanan Informasi Publik melalui pengumuman dan/atau permohonan;
  4.  Mengoordinasikan pengumuman Informasi Publik melalui media yang secara efektif dapat menjangkau seluruh pemangku kepentingan; dan mengoordinasikan penyampaian Informasi Publik dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar, mudah dipahami serta mempertimbangkan penggunaan bahasa yang digunakan oleh penduduk setempat;
  5. Mengoordinasikan pemberian Informasi Publik yang dapat diakses oleh publik dengan petugas informasi di berbagai unit pelayanan informasi untuk memenuhi permohonan Informasi Publik;
  6. Melakukan pengujian tentang konsekuensi yang timbul sebagaimana diatur dalam Pasal 19 Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik sebelum menyatakan Informasi Publik tertentu dikecualikan; menyertakan alasan tertulis pengecualian Informasi Publik secara jelas dan tegas, dalam hal permohonan Informasi Publik ditolak; menghitamkan atau mengaburkan Informasi Publik yang dikecualikan beserta alasannya; dan mengembangkan kapasitas pejabat fungsional dan/atau petugas informasi dalam rangka peningkatan kualitas layanan Informasi Publik;
  7. Dalam hal terdapat keberatan atas penyediaan dan pelayanan Informasi Publik, PPID bertugas mengoordinasikan dan memastikan agar pengajuan keberatan diproses berdasarkan prosedur penyelesaian keberatan apabila permohonan Informasi Publik ditolak.

 

Adapun Fungsi PPID PT KAI sebagai berikut:

  1. Mengoordinasikan penyimpanan dan pendokumentasian seluruh Informasi Publik yang berada di Perusahaan dan/atau Anak Perusahaan;
  2. PPID bertanggung jawab mengoordinasikan penyediaan dan pelayanan seluruh Informasi Publik di bawah penguasaan Perusahaan dan/atau Anak Perusahaan yang dapat diakses oleh publik.

 

 

VISI & MISI PPID PT KAI

VISI : Menjadi PPID yang informatif dan profesional.

MISI : Menyelenggarakan pelayanan informasi perusahaan untuk informasi publik yang akurat, akuntabel, dan sesuai peraturan yang berlaku.

 


 

STRUKTUR ORGANISASI PPID PT KAI